METRO TIRES & RIMS

velgmobil.net

Mengapa Velg Baru Bisa Getar???

Mengapa Velg Baru Bisa Getar ?

Balancing adalah sebuah proses untuk menyeimbangkan beban yang ada pada velg dan ban pada saat dipasangkan menjadi satu sehingga saat dipakai di mobil dengan kecepatan tinggi tidak terasa getaran pada setir atau pada mobil tersebut.

Setiap velg dan ban yang telah selesai di produksi pada umumnya melewati proses balancing sebelum pada akhirnya velg dan ban tersebut di pasarkan, tetapi pada saat velg dan ban dipasangkan menjadi satu maka terkadang dibutuhkan penyesuaian dengan di balancing ulang.

Beberapa kendala yang sering terjadi pada saat proses balancing velg dan ban adalah :

  1. TEHNIK PEMASANGAN BAN YANG KURANG BENAR PADA VELG
    Pada setiap ban baru terdapat titik penanda yang menjadi acuan dalam memasangkan ban ke velg yang harus disejajarkan dengan pentil ban pada velg, dengan memperhatikan hal ini maka akan mengurangi beban dari proses balancing.
  2. Ada beberapa tipe ban yang memiliki aturan dalam pemasangannya seperti arah dari rotasi ataupun posisi dinding luar dan dalam, apabila aturan ini salah diaplikasikan bisa menambah efek getaran pada saat dipakai di mobil pada kecepatan tinggi.

SETTING MESIN BALANCING YANG TIDAK SESUAI DENGAN VELG YANG AKAN DI BALANCING

  1. Setiap penggunaan mesin balancing haruslah juga dilengkapi dengan mekanik yang berpengalaman dan yang benar-benar mengerti cara men-setting mesin balancing sesuai dengan ban dan velg yang akan di balancing. Karena setiap mesin balancing tetap butuh sumber daya manusia yang memasukan input data mengenai velg dan ban yang akan di balance.
    Apabila data-data yang dimasukan salah, mesin balancing akan tetap bisa melakukan balancing sampai 0, tetapi pada kenyataannya velg dan ban tersebut bebannya tidak seimbang karena kesalahan input data sehingga walaupun dikatakan balance oleh mesin tapi akan tetap bergetar saat digunakan.
  2. Pada umumnya setiap mesin mempunyai beberapa perhitungan algoritma yang disesuaikan dengan penempatan besi balance. Hal ini sangat krusial untuk mekanik benar-benar mengerti algoritma yang mana yang harus dipakai untuk velg yang akan di balancing.

Setiap perhitungan algoritma mempunyai cara setting yang berbeda-beda, yang menjadi fatal adalah apabila mekanik yang melakukan balancing memakai perhitungan algortima yang satu tapi memasukan data dengan cara perhitungan yang lain.
Beberapa kesalahan umum yang sering terjadi adalah mesin dipilih dalam setting memasang timah ketok pada bibir velg dalam dan velg luar, tapi oleh mekanik besi balance malah ditempelkan pada dinding dalam velg.
Hal ini akan pasti mempengaruhi kualitas akhir dari balancing itu sendiri.

BAHAN BESI BALANCING YANG KURANG BERKUALITAS
Bahan balancing yang digunakan juga harus berkualitas baik itu timah balance ataupun besi balance, salah satu yang terpenting adalah perekatnya yang harus kuat. karena apabila perekatnya tidak kuat maka mungkin terjadi besi balance terlepas pada waktu dipakai pada kecepatan tinggi.

Pada umumnya apabila proses balancing diatas sudah dilewati dengan baik, maka anda bisa memakai velg dan ban anda dengan nyaman pada kecapatan tinggi. Dan sebagai tambahan anda juga bisa menambahkan center ring untuk membuat velg lebih solid dan rigid terhadap tromol mobil.

Loading...
velgmobil.net © 2014