METRO TIRES & RIMS

velgmobil.net

Konsekuensi Upgrade Velg

Masih dicemberutin karena ganti velg standar dengan velg racing ya? Saya bantu kasih Info ya kak !!!

IMG_20160122_112328

Velg hingga saat ini memang jadi primadona upgrade/modif, karena merupakan barang modif yang paling keliatan dan model nya sangat beragam. Orang bisa modif interior atau eksterior hanya sekali dalam lifecycle tunggangannya, tapi bisa beberapa kali ganti velg. Gak heran tukang velg menjamur; yang jual bekas banyak, baru apalagi. Tapi sebenernya, apa sih hebatnya ganti velg? Perlu atau enggak sih? Buat apa keluar duit yang gak sedikit, kalo kita gak tau plus minusnya coba……

Masih banyak juga orang yang ikut-ikutan ganti velg karena pengaruh temennya, tanpa tau bahwa ada konsekuensinya. Setiap perubahan atau modif dari spek standar pasti ada dampaknya. Sayang banyak orang gak mau tau. Padahal, kalo kita mau peduli sedikit, mau tau sedikit aja, banyak hal negatif yang bisa dihindari. Saya coba kasi liat sisi positif dan (mungkin) negatifnya di sini, dari kacamata seorang usernya.

 

Faktor positif utama kebanyakan orang mengganti velgnya sih jelas: DEMI GAYA! Yup, styling emang faktor mayoritas. Ini wajar aja, karena pengaruh estetika secara visual itu tinggi. Coba perhatikan, penggantian velg bisa merubah secara total penampilan mobil kita. Sebuah mobil kondisi standar, jika dipadukan dengan velg yang pas, akan bisa kelihatan lebih wah daripa mobil yang sudah upgrade sektor eksterior lain (misal: body kit, kaca film, dll). Akur? Gaya juga bisa di-extend menjadi gengsi lho…Jadi make sure aja, tau betapa gaya atau gengsinya velg kita, supaya dia ikut bangga!

 

Positif ke-2: membantu kestabilan berkendara. Umumnya velg OEM/standar itu memiliki spek yang moderat. Artinya; ukuran lebar velgnya sempit dan ukuran ban sangat “hemat”. Khususnya di mobil-mobil niaga, mobil pasaran atau yang punya klaim “hemat”. Tentu produsen mobil sudah memperhitungkan cost (atau kata lainnya pelit ya? haha) dan kelayakannya untuk pemakaian harian yang moderat. Tapi coba deh ganti velg yang lebih lebar – otomatis ban juga perlu yang lebih lebar.Permukaan lebih lebar yang menapak ke aspal berarti memperlebar area yang menopang mobil kita. Walau hanya beberapa milimeter, saat kita jalankan mobil stabilitas akan terasa.

Unsur positif  yang paling penting sebenarnya performa kendaraan bertambah. Bukan akselerasi ya, saya bicara soalhandling, khususnya saat berbelok dengan kecepatan tinggi (speed in corners; bahasa kerennya). Kenapa demikian? Biasanya dengan upgrade size velg, ban yang lebih lebar, membuat tinggi sisi ban (sidewall) lebih pendek. Otomatis ban akan lebih sedikit berubah bentuk/melipat saat ‘dipaksa’ berbelok secara keras.

 

Selanjutnya, biar fair, perlu diketahui juga; upgrading velg juga punya konsekuensi negatif. Banyak yang gak sadar akan beberapa resiko berikut:

  1. kemungkinan merusak mobil : jika pemilihan ukuran kurang tepat. Bisa gesrot, mentok sana-sini, dll. Makanya konsultasikan pembelian velg ke tukang velg yang bisa dipercaya, gak asal-asaln nemplokin velg aja. Malah akan lebih cihuy kalo bisa di tes pasang dulu di mobil kita supaya bisa terlihat bakal ngerusak atau gak.
  2. lebih boros bbm : jika velgnya lebih berat daripada standar secara signifikan.
  3. velg yang jauh lebih besar diameternya dari ukuran standar akan mengurangi kemampuan pengereman.
  4. berkurangnya keakuratan spidometer : Ini hal yang wajar, karena semua perhitungan di mesin, ecu, girbok, roda yang dibuat produsen mobil hanya berdasarkan lingkar roda standar. Akurasi akan berkurang dengan penggantian spek roda yang berbeda. Tapi dengan perhitungan yang benar, ini bisa diminimalisir kok.
  5. uang yang gak sedikit : satu set velg racing ring 15 ke atas, biasanya minimal berbandrol Rp 700rb, kondisi bekas.

Tapi buat saya, ke-5 hal negatif di atas itu gak signifikanlah untuk mencegah kita upgrade velg. Masih bisa disiasati dengan kebiasaan berkendara aja kok. Karena kepuasan adalah segalanya. Gak ada yang bisa ngalahin perasaan kita, saat orang nengok sampe lehernya terasa patah gara-gara ngeliatin velg di mobil kita. Priceless!!! Menurut saya, ini lah ultimate positive factor untuk kita upgrade velg !!!

Loading...
velgmobil.net © 2014