METRO TIRES & RIMS

velgmobil.net

Apa itu JDM ? dan produk non-Jepang untuk bergaya JDM

Apa itu JDM ? dan produk non-Jepang untuk bergaya JDM

Apakah itu JDM ? JDM adalah singkatan dari Japan Domestic Market. JDM merupakan gaya modifikasi yang mengacu pada barang-barang modifikasi yang pembuatannya berasal dari produsen jepang.

Tetapi ternyata berjalan seiringan perkembangan jaman JDM tidak selalu mengandalkan produk Jepang. Produk luar Jepangpun juga bisa dipakai walau tidak semua. Bahkan produsen mobil Jepang masih mengandalkan produk luar velg di mobil sport mereka.
Apa sajakah? Ini dia…

BBS
Produk asal Jerman ini dari dulu hingga sekarang masih nge-hit di Jepang. Belum lagi pihak BBS mempercayai Washabeam co.Ltd, salah satu pemegang manufaktur BBS, untuk membuat velg balap BBS berbahan magnesium dan alumunium. Hingga akhirnya BBS sangat nge-hit di Jepang bahkan dari dulu hingga sekarang beberapa pabrikan Jepang menjadikan velg BBS sebagai velg OEM mereka.
Beberapa tuner top Jepang mempercayai velg BBS untuk mobil kencang mereka. Seperti Mine’s yang memakai velg BBS untuk Skyline kencang mereka, dan Amuse yang memakai velg BBS untuk Fairlady Z-nya.
Artinya, BBS sangat sah untuk bergaya JDM.

OZ Wheels
Produk asal Italia ini di era 90-an sempat nge-hit. Beberapa pabrikan Jepang menjadikan velg OZ sebagai velg standar atau OEM mereka. Seperti Lancer Evo III yang bervelg standar OZ. Bahkan tuner VIP Junction Produce menggunakan OZ Scara untuk velg icon mobil mereka.
Seperti BBS, OZ juga mempercayakan Jepang untuk membuat velg balap OZ, velg OZ yang dibuat di Jepang adalah OZ Superturismo Evo, hanya saja velg OZ untuk bergaya JDM tidak sebanyak BBS.
Velg OZ yang masih sahih untuk bergaya JDM adalah OZ Scara, OZ Superturismo Evo, OZ OEM Lancer Evolution, OZ Rally, OZ Superturismo, OZ Mugen (khusus Honda), OZ Opera, OZ Futura, OZ 5 Spoke Gold, dan OZ Prodrive. Sebab velg sejenis itu di Jepang banyak peminatnya dan seringkali dipasang di mobil Jepang mereka.

Speedline Corse
Di Jepang banyak juga yang memakai velg Speedline untuk mobil mereka yang bergaya JDM, biasanya mobil tahun 90-an atau mobil seperti Lancer Evo dan Impreza tahun 90-an sepertinya mereka terpengaruh dengan mobil-mobil Jepang yang beraksi di ajang WRC.
Mobil Jepang sangat mendominasi di ajang WRC dan banyak mobil Jepang yang sukses di ajang WRC bersama velg asal Inggris ini seperti Toyota Celica dan Subaru Impreza yang sempat memakai velg Speedline untuk balap reli. Karena kesuksesan itu, sepertinya membawa pengaruh bagi penggemar modif racing di era 90-an.

Loading...
velgmobil.net © 2014